Saat ini dalam proses pembelajaran sebagai guru harus mampu untuk menjawab tantangan yang timbul sesuai perkembangan zaman. Terkadang guru harus memikirkan bagaimana mengajar tanpa batas kepada murid dengan keunikannya masing-masing terlepas dari lokasi, kemampuan fisik atau latar belakangnya. Dengan demikian guru harus mampu memberikan pendidikan dan pengajaran bagi murid yang tinggal di daerah terpencil/tertinggal atau menghadapi hambatan secara langsung misalnya “biaya”. Sebagai guru juga harus fleksibel untuk melihat masing-masing siswa belajar dengan kecepatan dan jadwal mereka sendiri sehingga siswa bisa belajar ragam mata pelajaran sesuai minat dan bakatnya untuk mengejar karir yang berbeda.Kemudian yang tak kalah penting bagi guru di era sekarang ini, bahwa guru harus mampu mempersiapkan masa depan murid dengan melihat kemajuan teknologi yang begitu pesat yang mengarahkan pada proses pembelajaran tanpa batas. Ini akan membantu murid untuk menghadapi peluang dan tantangan yang selalu berubah.
Mengajar tanpa batas mengacu pada praktik memberikan pendidikan kepada individu terlepas dari lokasi atau batasan fisik mereka. Pendekatan ini menggunakan berbagai metode, teknologi, dan sumber daya untuk menghilangkan hambatan yang dapat membatasi akses ke pendidikan dan menjadikannya lebih inklusif, fleksibel, dan mudah diakses. Tujuan akhir dari pengajaran tanpa batas adalah untuk memberikan akses pendidikan yang sama bagi semua individu, terlepas dari status, lokasi, atau latar belakang sosial ekonomi mereka. Ini dapat dicapai melalui berbagai cara seperti pembelajaran online, pendidikan jarak jauh, program pertukaran internasional, pembelajaran campuran, pembelajaran selular, sumber daya pendidikan terbuka, dan banyak lagi. Pendekatan ini menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena teknologi telah mempermudah untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia.
Konsep pemberian pendidikan kepada individu mengacu pada gagasan bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakangnya, harus memiliki akses terhadap kesempatan belajar. Ini termasuk akses ke pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, serta pelatihan kejuruan dan pendidikan orang dewasa. Tujuannya adalah untuk memberi individu pengetahuan, keterampilan, dan kredensial yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam hidup dan untuk berpartisipasi penuh dalam masyarakat. Ini dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti sekolah negeri, lembaga swasta, pembelajaran online, dan pendidikan jarak jauh. Memberikan pendidikan kepada individu adalah penting untuk meningkatkan kesejahteraan individu dan masyarakat, serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial.
Ada berbagai metode, teknologi, dan sumber daya yang dapat digunakan untuk mengajar tanpa batas:
1. Platform Pembelajaran Online
Platform ini, seperti Coursera, Udemy, dan Khan Academy, menawarkan kursus dan sumber daya online yang dapat diakses dari mana saja di dunia. Platform pembelajaran online adalah metode untuk memberikan pendidikan kepada individu terlepas dari lokasi atau batasan fisik mereka. Platform ini menggunakan internet untuk memberikan instruksi dan sumber daya pendidikan kepada siswa. Mereka dapat mencakup instruksi sinkron (waktu nyata) atau asinkron (bergerak sendiri) dan dapat menawarkan berbagai kursus dan program, mulai dari pendidikan dasar dan menengah hingga pelatihan kejuruan dan program gelar tingkat universitas. Beberapa contoh platform pembelajaran online populer antara lain Coursera, Udemy, Khan Academy, dan edX. Platform pembelajaran online dapat bermanfaat dalam beberapa cara, termasuk:
- Aksesibilitas: Mereka dapat memberikan akses ke pendidikan bagi individu yang tinggal di daerah terpencil atau tertinggal, atau yang menghadapi hambatan terhadap pendidikan tatap muka tradisional.
- Fleksibilitas: Mereka memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan jadwal mereka sendiri.
- Hemat biaya: Mereka bisa lebih terjangkau daripada pendidikan tatap muka tradisional, karena mereka tidak mengharuskan siswa membayar kamar dan penginapan atau transportasi.
- Ragam: Mereka menawarkan berbagai macam kursus dan program, memungkinkan siswa untuk belajar tentang berbagai mata pelajaran dan mengejar jalur karir yang berbeda.
- Kenyamanan: Mereka dapat diakses dari mana saja, memudahkan siswa untuk menyeimbangkan pendidikan mereka dengan tanggung jawab lain seperti pekerjaan atau keluarga.
Namun, platform pembelajaran online juga memiliki keterbatasannya sendiri seperti kurangnya interaksi personal, umpan balik yang kurang efektif dan kurangnya akses ke sumber daya tertentu seperti peralatan laboratorium.
2. Blended Learning
Pendekatan ini menggabungkan instruksi tatap muka tradisional dengan pembelajaran online, membuat siswa lebih banyak fleksibilitas dan kendali atas pendidikan mereka. Blended learning adalah metode pengajaran yang menggabungkan instruksi tatap muka tradisional dengan pembelajaran online. Pendekatan ini membuat siswa lebih banyak fleksibilitas dan kendali atas pendidikan mereka, memungkinkan mereka untuk belajar dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Blended learning dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:
- Kelas online dengan dukungan langsung: Siswa dapat berpartisipasi dalam kelas online dan menerima dukungan langsung dari pengajar.
- Kelas tatap muka dengan sumber daya online: Siswa dapat menghadiri kelas tatap muka dan juga memiliki akses ke sumberdaya online seperti video, bacaan, dan tugas.
- Penjadwalan yang fleksibel: Siswa dapat menghadiri kelas secara langsung pada waktu tertentu dan menyelesaikan kursus online lainnya dengan kecepatan mereka sendiri.
- Kelas terbalik: Siswa menonton video atau membaca materi secara online sebelum datang ke kelas, dan menggunakan waktu kelas untuk diskusi, kerja kelompok, dan aktivitas lainnya.
- Pembelajaran yang dipersonalisasi: Siswa bekerja dengan kecepatan mereka sendiri, dengan guru memberikan bimbingan dan dukungan sesuai kebutuhan.
Platform pembelajaran campuran dapat menawarkan banyak manfaat seperti:
- Fleksibilitas: Memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.
- Pembelajaran yang dipersonalisasi: Ini dapat memberikan instruksi yang disesuaikan yang memenuhi kebutuhan masing-masing siswa.
- Keterlibatan yang meningkat: Memungkinkan siswa mengambil peran yang lebih aktif dalam pembelajaran mereka dan menggunakan teknologi dengan cara yang bermakna bagi mereka.
- Hemat biaya: Ini bisa lebih terjangkau daripada pendidikan tatap muka tradisional, karena tidak mengharuskan siswa membayar kamar dan pondokan atau transportasi.
- Aksesibilitas: dapat memberikan akses ke pendidikan bagi individu yang tinggal di daerah terpencil atau tertinggal, atau yang menghadapi hambatan terhadap pendidikan tatap muka tradisional.
Namun, pembelajaran campuran membutuhkan perencanaan dan koordinasi yang signifikan, dan akses ke teknologi diperlukan bagi siswa untuk berpartisipasi.
3. Pembelajaran Berbasis Proyek
Metode ini berfokus pada masalah atau pertanyaan dunia nyata, memungkinkan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks yang bermakna. Pembelajaran berbasis proyek (PBL) adalah metode instruksional yang berfokus pada masalah atau pertanyaan dunia nyata. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks yang bermakna, dan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan kolaborasi. PBL dapat digunakan bersamaan dengan instruksi tatap muka tradisional atau sebagai bagian dari pendidikan jarak jauh atau pembelajaran online. Pembelajaran berbasis proyek dapat bermanfaat dalam beberapa cara, termasuk:
- Relevansi: Ini menghubungkan pembelajaran dengan masalah dan isu dunia nyata, menjadikannya lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
- Pembelajaran Aktif: Ini memungkinkan siswa untuk mengambil peran aktif dalam pembelajaran mereka dan mengerjakan proyek yang relevan dengan minat dan minat mereka.
- Kolaborasi: Ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan kerja tim, komunikasi, dan kepemimpinan.
- Penilaian otentik: Ini memungkinkan siswa untuk menunjukkan pembelajaran mereka dalam konteks dunia nyata, memberikan penilaian pengetahuan dan keterampilan mereka yang lebih akurat dan komprehensif.
- Mempersiapkan kehidupan nyata: Ini mempersiapkan siswa untuk dunia nyata dengan memberi mereka keterampilan seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan kolaborasi.
Pembelajaran berbasis proyek biasanya mencakup langkah-langkah berikut:
- Mengidentifikasi masalah atau pertanyaan dunia nyata
- Meneliti dan mengumpulkan informasi
- Merencanakan dan merancang solusi
- Melaksanakan dan melaksanakan proyek
- Merefleksikan dan mengevaluasi proyek
Seorang guru memainkan peran penting dalam pembelajaran berbasis proyek, dengan memberikan bimbingan, dukungan, dan umpan balik selama proses berlangsung. Guru juga membantu siswa untuk mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah, dan untuk menilai kemajuan mereka sendiri.
4. Pendidikan Jarak Jauh
Metode ini menggunakan berbagai media, seperti surat, televisi, dan internet, untuk menyampaikan instruksi kepada siswa yang tidak hadir secara fisik di kelas tradisional. Pendidikan jarak jauh adalah metode penyampaian instruksi kepada siswa yang tidak hadir secara fisik di kelas tradisional. Metode ini menggunakan berbagai media, seperti surat, televisi, dan internet, untuk menyampaikan instruksi dan sumber daya pendidikan kepada siswa. Pendidikan jarak jauh dapat mencakup instruksi sinkron (waktu nyata) atau asinkron (bergerak sendiri), dan dapat menawarkan berbagai kursus dan program, mulai dari pendidikan dasar dan menengah hingga pelatihan kejuruan dan program gelar tingkat universitas. Pendidikan jarak jauh dapat bermanfaat dalam beberapa cara, termasuk:
- Aksesibilitas: Ini dapat memberikan akses ke pendidikan bagi individu yang tinggal di daerah terpencil atau tertinggal, atau yang menghadapi hambatan terhadap pendidikan tatap muka tradisional.
- Fleksibilitas: Memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan dan jadwal mereka sendiri.
- Hemat biaya: Ini bisa lebih terjangkau daripada pendidikan tatap muka tradisional, karena tidak mengharuskan siswa membayar kamar dan pondokan atau transportasi.
- Ragam: Ini menawarkan berbagai macam kursus dan program, memungkinkan siswa untuk belajar tentang berbagai mata pelajaran dan mengejar jalur karir yang berbeda.
- Kenyamanan: Dapat diakses dari mana saja, memudahkan siswa untuk menyeimbangkan pendidikannya dengan tanggung jawab lain seperti pekerjaan atau keluarga.
Pendidikan jarak jauh dapat mengambil berbagai bentuk, seperti:
- Kursus korespondensi: Ini adalah kursus mandiri di mana siswa menerima materi cetak, seperti buku teks dan tugas, melalui surat.
- Kursus online: Ini adalah kursus yang disampaikan sepenuhnya melalui internet, dan dapat mencakup ceramah video, papan diskusi, serta kuis dan ujian online.
- Kursus televisi: Ini adalah kursus yang disampaikan kepada siswa melalui televisi, biasanya dengan bantuan guru atau tutor di studio atau lokasi terpencil.
- Kursus hybrid atau campuran: Ini adalah kombinasi dari instruksi online dan tatap muka.
Namun, pendidikan jarak jauh juga memiliki keterbatasan seperti kurangnya interaksi pribadi, umpan balik yang kurang efektif dan kurangnya akses ke sumber daya tertentu seperti peralatan laboratorium.
5. Self-Directed Learning
Metode ini memungkinkan siswa bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, menetapkan tujuan, memilih sumber daya, dan mengevaluasi kemajuan mereka sendiri. Pembelajaran mandiri adalah metode pendidikan di mana siswa bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri. Pendekatan ini menekankan otonomi siswa dan motivasi diri, dan memungkinkan siswa untuk menetapkan tujuan, memilih sumber daya, dan mengevaluasi kemajuan mereka sendiri. Pembelajaran mandiri dapat digunakan bersamaan dengan instruksi tatap muka tradisional atau sebagai bagian dari pendidikan jarak jauh atau pembelajaran online. Pembelajaran mandiri dapat bermanfaat dalam beberapa cara, termasuk:
- Pemberdayaan: Ini mendorong siswa untuk mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka dan untuk mengembangkan otonomi dan motivasi diri.
- Fleksibilitas: Ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan sesuai jadwal mereka sendiri.
- Ragam: Ini menawarkan berbagai sumber daya dan peluang bagi siswa untuk mengeksplorasi minat dan minat mereka.
- Pembelajaran yang dipersonalisasi: Ini dapat memberikan instruksi yang disesuaikan yang memenuhi kebutuhan masing-masing siswa.
- Mempersiapkan kehidupan nyata: Ini mempersiapkan siswa untuk bertanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan mereka sendiri sepanjang hidup mereka.
Pembelajaran mandiri dapat mengambil berbagai bentuk, seperti:
- Belajar mandiri: Siswa bekerja sendiri, dengan guru memberikan bimbingan dan dukungan sesuai kebutuhan.
- Pembelajaran mandiri: Siswa bekerja melalui kurikulum dengan kecepatan mereka sendiri, dengan guru memberikan bimbingan dan dukungan sesuai kebutuhan.
- Proyek mandiri: Siswa mengerjakan proyek pilihan mereka sendiri, dengan guru memberikan bimbingan dan dukungan sesuai kebutuhan.
- Penelitian mandiri: Siswa melakukan penelitian tentang topik yang mereka pilih sendiri, dengan guru memberikan bimbingan dan dukungan sesuai kebutuhan.
- Magang mandiri: Siswa bekerja dengan mentor atau penasihat untuk merencanakan dan melaksanakan magang atau pengalaman belajar berbasis kerja.
Pembelajaran mandiri dapat menjadi cara yang bagus bagi siswa untuk mengendalikan pendidikan mereka sendiri, tetapi juga membutuhkan motivasi dan disiplin diri tingkat tinggi. Hal ini juga menuntut seorang guru untuk memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan siswa dan untuk memberikan bimbingan dan dukungan yang sesuai.
6. Pembelajaran Layanan
Metode ini menggabungkan instruksi kelas dengan layanan sukarela di masyarakat, memberikan siswa pengalaman belajar langsung. KKN adalah metode instruksional yang menggabungkan instruksi kelas dengan layanan sukarela di masyarakat. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam konteks dunia nyata dan untuk mengembangkan tanggung jawab sipil, empati, dan tujuan. Pembelajaran-layanan dapat digunakan bersama dengan instruksi tatap muka tradisional atau sebagai bagian dari pendidikan jarak jauh atau pembelajaran online. Pembelajaran-layanan dapat bermanfaat dalam beberapa cara, termasuk:
- Relevansi: Ini menghubungkan pembelajaran dengan masalah dan isu dunia nyata, menjadikannya lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
- Pembelajaran Aktif: Ini memungkinkan siswa untuk mengambil peran aktif dalam pembelajaran mereka dan mengerjakan proyek yang relevan dengan minat dan minat mereka.
- Keterlibatan masyarakat: Ini mendorong siswa untuk terlibat dengan komunitas mereka dan untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sipil dan empati.
- Penilaian otentik: Ini memungkinkan siswa untuk menunjukkan pembelajaran mereka dalam konteks dunia nyata, memberikan penilaian pengetahuan dan keterampilan mereka yang lebih akurat dan komprehensif.
Mempersiapkan kehidupan nyata: Ini mempersiapkan siswa untuk dunia nyata dengan memberi mereka keterampilan seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan keterlibatan masyarakat.
KKN biasanya mencakup langkah-langkah berikut:
- Mengidentifikasi kebutuhan atau masalah masyarakat
- Meneliti dan mengumpulkan informasi
- Merencanakan dan merancang proyek layanan
- Melaksanakan dan melaksanakan proyek
- Merefleksikan dan mengevaluasi proyek
Seorang guru memainkan peran penting dalam KKN, dengan memberikan bimbingan, dukungan, dan umpan balik selama proses berlangsung. Guru juga membantu siswa untuk mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah, dan untuk menilai kemajuan mereka sendiri.
7. Microlearning
Metode ini menggunakan potongan kecil konten, seperti video, game, atau kuis, untuk menyampaikan instruksi dengan cara yang lebih mudah dikelola dan menarik. Microlearning adalah metode instruksional yang menggunakan potongan kecil konten, seperti video, game, atau kuis, untuk menyampaikan instruksi. Ini dirancang untuk membuat pembelajaran lebih mudah dikelola dan menarik, dan dapat digunakan bersama dengan pengajaran tatap muka tradisional atau sebagai bagian dari pendidikan jarak jauh atau pembelajaran online. Microlearning dapat bermanfaat dalam beberapa cara, termasuk:
- Potongan seukuran gigitan: Ini memecah konten menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dan lebih mudah diatur, sehingga lebih mudah bagi siswa untuk menyerap dan menyimpan informasi.
- Keterlibatan: Ini menggunakan elemen interaktif dan multimedia seperti video, game, dan kuis, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
- Fleksibilitas: Ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan sesuai jadwal mereka sendiri.
- Pembelajaran yang dipersonalisasi: Ini dapat memberikan instruksi yang disesuaikan yang memenuhi kebutuhan masing-masing siswa.
- Retensi: Ini berfokus pada informasi yang paling penting, sehingga lebih mungkin siswa akan mempertahankan materi dalam jangka panjang.
Microlearning dapat mengambil berbagai bentuk, seperti:
- Video pendek: Ini dapat digunakan untuk memperkenalkan konsep baru atau untuk memberikan tinjauan singkat materi.
- Kuis interaktif: Ini dapat digunakan untuk menguji pemahaman siswa tentang materi dan memberikan umpan balik langsung.
- Flashcards: Ini dapat digunakan untuk membantu siswa menghafal informasi.
- Games: Ini dapat digunakan untuk membuat belajar lebih interaktif dan menyenangkan.
- Kursus mikro: Ini adalah kursus singkat dan terfokus yang mencakup topik atau keterampilan tertentu.
Seorang guru memainkan peran penting dalam Microlearning, dengan memberikan bimbingan, dukungan, dan umpan balik selama proses berlangsung.
8. Pembelajaran Berbasis Game
Metode ini menggunakan permainan dan simulasi untuk melibatkan siswa dan menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran berbasis permainan adalah metode pembelajaran yang menggunakan permainan dan simulasi untuk melibatkan siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Pendekatan ini dapat digunakan untuk mengajarkan berbagai mata pelajaran dan keterampilan, dan dapat digunakan bersamaan dengan instruksi tatap muka tradisional atau sebagai bagian dari pendidikan jarak jauh atau pembelajaran online. Pembelajaran berbasis game dapat bermanfaat dalam beberapa cara, termasuk:
- Keterlibatan: Ini menggunakan elemen interaktif dan imersif seperti permainan dan simulasi, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
- Pembelajaran Aktif: Ini memungkinkan siswa untuk mengambil peran aktif dalam pembelajaran mereka dan untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dengan konsep dan keterampilan baru.
- Kolaborasi: Ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan kerja tim, komunikasi, dan kepemimpinan.
- Pembelajaran yang dipersonalisasi: Ini dapat memberikan instruksi yang disesuaikan yang memenuhi kebutuhan masing-masing siswa.
- Retensi: Ini berfokus pada informasi yang paling penting, sehingga lebih mungkin siswa akan mempertahankan materi dalam jangka panjang.
Pembelajaran berbasis permainan dapat mengambil berbagai bentuk, seperti:
- Game digital: Ini dapat digunakan untuk mengajarkan berbagai mata pelajaran dan keterampilan, seperti matematika, bahasa, dan sejarah.
- Simulasi virtual: Ini dapat digunakan untuk membuat skenario realistis yang dapat dieksplorasi dan dicoba oleh siswa.
- Penilaian berbasis permainan: Ini dapat digunakan untuk menguji pemahaman siswa tentang materi dan memberikan umpan balik langsung.
- Ruang kelas berbasis permainan: Ini adalah ruang kelas yang menggunakan permainan dan simulasi sebagai bagian inti dari pengajaran.
- Kurikulum Berbasis Game: Di sinilah game, simulasi, dan elemen interaktif lainnya digunakan di seluruh kurikulum.
Seorang guru memainkan peran penting dalam pembelajaran berbasis permainan, dengan memberikan bimbingan, dukungan, dan umpan balik selama proses berlangsung.
9. Konferensi Video dan Alat Kolaborasi
Alat seperti Zoom, Skype, dan Google Meet mengaktifkan pembelajaran jarak jauh dan memungkinkan siswa dan guru untuk terhubung dan berkolaborasi secara waktu nyata.
- Learning Management Systems (LMS): LMS, seperti Canvas, Blackboard, atau Moodle, adalah aplikasi perangkat lunak yang menyediakan lingkungan belajar online untuk siswa dan guru.
- Pembelajaran Seluler: Aplikasi seluler dan game pembelajaran dapat digunakan untuk menyampaikan instruksi dan konten pendidikan kepada siswa melalui smartphone dan tablet.
- Pembelajaran Adaptif: Sistem pembelajaran adaptif menggunakan teknologi untuk mempersonalisasi instruksi bagi masing-masing siswa berdasarkan kebutuhan dan kemajuan belajar mereka.
- Sumber Daya Pendidikan Terbuka: Sumber daya ini, seperti OpenCourseWare dan Project Gutenberg, menyediakan akses gratis dan terbuka ke materi pendidikan, memungkinkan siapa saja untuk belajar dan mengajar.
- Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR): Teknologi ini dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang imersif dan interaktif, menjadikan pembelajaran jarak jauh lebih menarik dan interaktif.
- Artificial Intelligence (AI): Alat bertenaga AI seperti chatbots, tutor pribadi, dan penilaian otomatis dapat digunakan untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran.
Sumber:
- “Mengajar Tanpa Batas: Bagaimana Pembelajaran Online Mentransformasi Pendidikan” oleh Andrew Ng dan Daphne Koller.
- “Pendidikan Jarak Jauh: Pandangan Sistem” oleh Michael G. Moore.
- “Blended Learning in Action: Panduan Praktis Menuju Perubahan Berkelanjutan” oleh Catlin Tucker.
- “Pembelajaran Mandiri: Panduan untuk Pembelajar dan Guru” oleh Malcolm S. Knowles.
- “Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Abad 21: Keterampilan untuk Masa Depan” oleh Suzie Boss dan Jane Krauss.
- “Pembelajaran-Layanan di Pendidikan Tinggi: Isu dan Arah Kritis” oleh Barbara Jacoby and Associates.
- “Microlearning: Short and Sweet” oleh Patti Shank.
- “Revolusi Pembelajaran Berbasis Game: Bagaimana Pembelajaran Berbasis Game Mengubah Pendidikan” oleh Matthew Farber.
- “Gamifikasi Pembelajaran dan Instruksi: Metode dan Strategi Berbasis Game untuk Pelatihan dan Pendidikan” oleh Karl M. Kapp.
Semoga Bermanfaat
Artikel ini telah tayang di Kompasiana.com pada tanggal 20 Januari 2023 oleh Antonius Zwingly, S.Pd, Guru SMAN 1 Tompaso, Kab. Minahasa